Home » » Software Perawatan Sistem untuk Performa Lebih Baik Komputer atau Laptop

Software Perawatan Sistem untuk Performa Lebih Baik Komputer atau Laptop

Written By Unknown on Sunday, February 3, 2013 | 8:09 AM

Setiap sistem operasi jika digunakan tanpa hati-hati dalam arti kita tidak bisa menjaga dan merawat file sistem pada komputer tersebut misalnya untuk OS Windows, pasti lama-lama kinerja Windows akan menurun. Komputer atau laptop akan terasa lambat saat digunakan. Ini memang sudah pasti terjadi apalagi bagi pengguna komputer seperti saya yang masih awam. Sering download software sembarangan lalu install kemudian di-uninstall dengan cara standar tanpa memperhatikan tumpukkan sampah pada sistem registri akibat uninstall software yang meninggalkan jejaknya disana. Sehingga menyebabkan komputer yang saya gunakan seperti kurang cepat, proses loading saat membuka program relatif lebih lama dari biasanya.

Dari pengalamanlah saya banyak belajar. Untuk saat ini saya lebih mengutamakan untuk mencari software portable daripada langsung menggunakan software installer, jika tidak menemukan versi portable barulah saya menggunakan versi installer. Hal itu saya maksudkan untuk menjaga sistem pada disk C agar tetap bersih dan terawat. Baiklah kita balik lagi ke topik untuk membahas program yang berguna untuk menjaga dan merawat sistem pada komputer atau laptop kita. Berikut beberapa software perawatan komputeryang sangat direkomendasikan untuk digunakan pada komputer atau laptop kawan:

Software Perawatan Komputer

1. MSConfig
MSConfig merupakan program bawaan Windows yang bisa kita gunakan untuk menonaktifkan beberapa program yang berjalan saat startup. Karena program-program yang berjalan saat Windows startup, membuat waktu yang dibutuhkan komputer mejadi lama saat boot awal. Kita bisa mengakses msconfig lewat run dengan menekan tombol shortcut keyboard Win+R. Setelan jendela run tampil, dilanjut dengan mengetikkan msconfig. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

software perawatan komputer

Kita lihat tampilan di atas, untuk menonaktifkan program yang berjalan saat startup kita tinggal membuang centang lalu klik Apply dan OK. Setelahnya akan tampil kotak dialog yang memerintahkan untuk me-restart komputer, kita pilih Restart atau Exit without restart jika kita akan me-restart-nya nanti. Disarankan agar menonaktifkan program yang kita tahu dan itu tidak penting untuk berjalan saat startup, jadi jika kita tidak tahu mending jangan dibuang tanda checklistnya. Gambar di atas ada beberapa yang penting yang saya biarkan berjalan saat startup. Inti dari penggunaan msconfig adalah untuk mempercepat startup komputer.

2. Revo Uninstaller
Setelah kita mengatur startup, dilanjutkan dengan meng-uninstall program yang tidak penting atau bahkan yang tidak berguna sama sekali. Kita uninstall dengan Revo Uninstaller agar program yang kita uninstall secara bersih tidak meninggalkan jejak pada sistem registri.
3. CCleaner
Langkah selanjutnya kita melakukan pembersihan file sampah dengan CCleaner. Jika ditinjau dari segi fungsi, software ini sangat penting keberadaanya pada sebuah komputer. Karaena CCleaner mampu membersihkan file temporary yang bisa mengacaukan komputer kita dan membersihkan registry key yang baru saja dihapus oleh Revo Uninstaller.

Disini kita tidak akan membahas CCleaner secara terperinci karena software ini tidak sulit untuk digunakan. Kita tinggal menekan tombol Analyze kemudian tekan Run Cleaner. Jika akan membersihkan registry, tinggal pindah tab Registry lalu tekan Scan for Issues dan bersihkan dengan menekan Fix selected issues.

4. Defraggler
Setelah semuanya selesai kita tinggal merapihkan, menata ruang hardisk agar file tertata dan tersusun berdekatan. Kita gunakan software Defraggler yang masih satu saudara dengan CCleaner. Saat kita melakukan defrag hardisk, hal ini tidak akan menghapus fil-file kita, hanya menyusun agar file tertata dengan rapi. Karena saat tersusun dengan acak dan jarak antar-file semakin besar, maka proses akses file akan lambat.

Prosed defrag akan memakan waktu lumayan lama, tergantung dari besarnya file pada hardisk yang kita defrag. Lebih baik men-defrag hardisk saat komputer tidak digunakan.

Itulah beberapa yang sangat berguna untuk menjaga dan memelihara sistem komputer agar tetap sehat. Software di atas merupakan software penting dan saya juga tidak akan menyarankan atau menulis artikel tentang software yang tidak begitu populer di mata para pengguna komputer yang hanya akan memenuhi hardisk kawan.

Link download (pilih yang free) :
Download Revo Uninstaller
Download CCleaner
Download Defraggler

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS